• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Tuesday 29 December 2015

Kenapa sih Cewek Cerewet Amat?

23:51:00 // by Unknown // // No comments

Kenapa sih Cewek Cerewet Amat?

Kalau kaum hawa berkumpul di suatu tempat, apa yang mereka kerjakan? pastinya mereka berbicara ini dan itu tanpa henti. Karena itu, mereka terkenal cerewet. Tahukah anda bahwa wanita tidak butuh alasan untuk memulai sebuah percakapan dan tidak membutuhkan tujuan akhir untuk menyelesaikan percakapannya. Inilah salah satu yang membedakan antara wanita dan pria.

Yang menarik lagi, bahkan ada loh penelitian yang menyebutkan bahwa cewek bisa ngomong hampir 8x lebih banyak dari cowok.  Kalau sehari rata-rata cowok bicara 7000 kata, cewek malah bisa sampai lebih dari 20.000 kata. Tidak semua begitu memang, tapi secara umum begitulah adanya.

Pertanyaannya, kenapa bisa begitu? apa karena cewek-cewek dikaruniai tenaga ekstra dimulutnya? Sebenarnya hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Pertanyaan tadi, kenapa kaum wanita bisa bicara sebegitu banyak dibandingkan pria, tidak pernah terjawab sebagaimana mestinya. Karena itulah Margareth McCarthy dari University of Maryland School of Medicine berusaha keras untuk mencari jawabannya. Sebagai pakar neurosicence dan seorang psikolog, dia memang sudah memperkirakan bahwa pasti ada hubungannya dengan otak. Sebab itu, dia bersama rekan-rekannya melakukan penelitian.

Penelitian ini terdiri atas 2 tahap. Yang pertama tahap tikus dan berikutnya manusia. Dan tepat sekali apa yang dia perkirakan. Soalnya memang ada hubungannya dengan otak dan juga gen kita. Mereka berhasil menemukan protein yang bertanggung jawab. Namanya Foxp2 yang berfungsi untuk urusan bahasa. Karena itu protein yang satu ini disebut juga Language protein. Pada tikus, jumlah protein Foxp2 ditemukan lebih banyak di tikus jantan daripada betina. Saat kadar proteinnya dikurangi di otak mereka, bayi tikus jantan lebih kalem alias jarang bersuara. Dengan emikian ketahuan deh, ternyata protein yang satu ini fungsinya adalah untuk mendorong si tikus bersuara dengan lebih banyak.

Masalahnya, itu kan tikus? Bagaimana dengan manusia? Margareth McCarthy dan kawan-kawannya tidak berhenti sampai disitu. Mereka juga melakukan penelitian terhadap manusia. mereka mempelajari 10 anak kecil, 3-5 tahun. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kadar Foxp2 30% lebih banyak di otak anak berjenis kelamin perempuan dibanding anak laki-laki. Protein ini banyak ditemukan di bagian otak yang memang mengatur khusus untuk mengatur kemampuan berbicara manusia. Karena itu, jangan heran, memang dari kecil cewek sudah berbakat "ngoceh" dibandingkan cowok. Berbeda dengan tikus, karena bayi tikus jantan lebih suka bersuara dibandingkan dengan bayi tikus betina.

Karena itulahtidak perlu heran lagi deh sekarang kenapa kaum hawa suka sekali "ngoceh". karena memang sudah bakatnya dari kecil. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa anak perempuan lebih cepat belajar berbicara dibandingkan anak laki-laki. Memang tidak semua cewek itu sebegitu cerewetnya, tapi secara umum begitulah kenyataannya.

0 komentar:

Post a Comment