• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Saturday 26 December 2015

Mitos Dan Fakta Tentang Kopi

05:23:00 // by Unknown // // No comments


Siapa sih yang tidak suka kopi? Hampir semua orang suka menyeruput kopi. yang jadi pertanyaan, kenapa kopi itu enak? apa saja sih kandungan di dalamnya?

Sebenarnya, Freedich Ferdinand Runge, seorang pakar kimia dari Jerman, mengidentifikasikan kandungan yang ada dalam kopi pada 1819. Menurut dia, kopi sebagian besar didominasi oleh senyawa yang namanya alkaloid xanthina" yang berbentuk kristal dengan ciri khas rasa pahit.

Selain itu, sebagaimana diketahui banyak orang , didalam kopi juga terkandung kafein. Cuma, yang tidak banyak diketahui orang, kandungan kafein pada setiap kopi itu tidak pernah sama. Tapi yang jelas, kafein itu bisa dihilangkan dengan mencampurkan biji kopi yang masih hijau dengan clorinated hydrocarbon
Dimasyarakat sering kita mendengar berbagai jenis mitos tentang kopi. Misalnya, ada yang bilang, tidak baik lho buat kesehatan kalau minum kopi lebih dari satu kali per hari. Selain itu, ada juga yang bilang, konsumsi kopi juga bisa membahayakan kesehatan jantung. Nah ternyata, mitos-mitos seperti itu sama sekali tidak memiliki dasar yang kuat. Soalnya, jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar, justru akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Begitu juga kaitannya dengan penyakit jantung. Sebab, banyak sekali ahli yang berpendapat jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang sedang, misalnya 1-2 cangkir per hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Karena antioksidan yang terkandung didalam kopi diyakini dapat mengontrol peradangan (inflamasi) dalam arteri dan meningkatkan aliran darah. Sebenarnya, pada awal kita meminum secangkir kopi, tekanan darah dan denyut jantung akan meningkat. Tapi jangan khawatir dulu, karena dalam jangka panjang kondisi itu akan terkontrol kok. dan antioksidan dalam kafein mampu mengaktifkan asam nitrat yang berperan untuk meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah.

Selain itu, yang tidak banyak diketahui orang juga, kafein dalam kopi memiliki kemampuan anti-bakteri dan anti-lengket, sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab lubang yang menggerogoti lapisan pada gigi. Dan meminum secngkir kopi setiap hari konon juga dapat mencegah resiko kanker mulut. Bahkan senyawa yang ditemukan dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.
Menurut keterangan DR.Murray Mittleman, manfaat lain dari kopi adalah dapat melindungi kulit. Dengan mengkonsumsi 2-5 Cangkir kopi per hari dapat membantu menurunkan resiko kanker kulit non-melanoma hingga 17 persen. Dan kafein pun dapat membunuh sel-sel pra-kanker dan juga menghentikan pertumbuhan tumor. Bahkan kopi juga dapat mencegah penyakit batu empedu.

Nah, sekarang udah tau kan manfaat dan khasiat dari kopi yang sebenarnya? mulai sekarang, jangan ragu buat mengkonsumsi kopi, tapi jangan terlalu berlebihan ya.. karena segala sesuatu yang terlalu berlebihan tidak akan mendatangkan keberkahan. ^_^

0 komentar:

Post a Comment